1920 Mahasiswa Ikuti Pembekalan KKM

1 lpm

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maliki mengadakan pembekalan bagi calon peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang diikuti oleh 1920 mahasiswa semester empat. Pembekalan dilaksanakan serentak di 6 lokasi mulai dari aula rektorat, aula gedung BJ Habibie, Fakultas Humaniora, dan gedung Pusat Bahasa.

Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda KKM mulai dari pembekalan hingga penempatan dilokasi pengabdian. Menurut Mufidah selaku ketua LP2M mengatakan, “program ini merupakan program wajib bagi seluruh mahasiswa semester empat sebagai bentuk tanggung jawab serta wujud kepedulian insan pendidikan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Pembekalan yang dilakukan dua tahap yaitu tgl 16 dan tgl 23 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi calon peserta terhadap kondisi di lapangan dan mekanisme dalam melakukan pengabdian didaerah yang asing bagi mereka. “Pengabdian tidak dapat dipisahkan dari mahasiswa, maka melalui wadah ini nantinya mahasiswa diharapkan mampu menginterpretasi kondisi lapangan dan sehingga memudahkan mereka dalam merancang program yang akan diaplikasikan di lapangan,” ujar Mahpur selaku sekretaris LP2M.

Pada tahap pertama ini ada beberapa materi penting yang sampaikan yaitu posdaya, MDGs, teknik fasilitasi dan berjaringan, serta manajemen konflik. Ditahap kedua minggu depan akan ada materi analisa sosial dan latihan menyusun program. “Seorang pengabdi harus memahami kondisi dan mampu memetakan potensi yang ada dilapangan. Jangan menggantikan peran masyarakat, tapi bagaimana cara kita mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat.” Ujar Dosen Fakultas Psikologi tersebut.

Euforia mahasiswa sangat terlihat dari jumlah peserta yang memadati setiap lokasi. Banyak ilmu yang didapatkan terkait dengan pengabdian di masyarakat yang merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa semester empat. “Semoga melalui pembekalan ini nantinya kita memahami kondisi yang ada di lapangan, agar program yang sudah dirancang dapat diaplikasikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,” Ujar mahasiswa Fakultas Syari’ah.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger