"Wine" dari Sirsak dan Nanas

wine

SURABAYA - Wine dikenal sebagai minuman berkelas. Biasanya minuman ini dibuat dari fermentasi anggur. Tetapi di tangan seorang dosen teknologi pertanian di Surabaya, Jawa Timur, wine bisa diolah dari beragam buah lokal. 

Thomas Indarto mengolah sirsak, mangga, nanas dan sawo menjadi minuman serupa wine. Bahkan, dosen jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ini tidak menggunakan teknologi yang rumit dalam proses pembuatan minuman tersebut.

Wine buah sirsat, misalnya. Pertama-tama, Thomas mencuci bersih buah sirsak yang akan digunakannya, kemudian memisahkan biji dan kulitnya. Tahap selanjutnya, merebus sirsak dengan air gula dengan persentase 15-20 persen hingga mendidih.

Setelah mendidih, rebusan sirsak didingankan dan ditutup rapat dalam persemaian dari toples steril. Fungsinya untuk menumbuhkan bakteri saccharomyces cerevisiae dan mengeluarkan gas CO2.

Pada proses akhir, Thomas tinggal memisahkan buah dan sarinya, kemudian diendapkan sampai didapat warna wine yang bening. Proses ini sendiri bisa berlangsung hingga enam bulan. Seperti halnya wine dari anggur, semakin tua usia wine ala Thomas rasanya juga semakin nikmat dan harganya kian mahal.

"Ide membuat wine dari buah-buah lokal ini berawal dari banyaknya impor wine di Indonesia. Padahal ragam buah di Indonesia seperti sirsak, mangga, sawo dan nanas memiliki cita rasa yang nikmat," ujar Thomas. 

Saat ini Thomas telah membuat wine dari sembilan jenis buah lokal yang ada di Indonesia. Dia menyimpan wine tersebut dalam belasan galon air mineral. Usia pembuatannya sendiri beragam, mulai tahun 2011 hingga 2014.

Untuk saat ini, Thomas tidak memiliki rencana untuk memproduksi wine buah lokal ini secara massal. Dia menggunakan wine buatannya sebagai bahan edukasi di laboratorium jurusan teknologi pangan tempatnya mengajar.

===============
Sudah banyak bisnis online menawarkan hasil melimpah dengan syarat cari downline terlebih dahulu. Bisnis online yang kami tawarkan berbeda dan tidak perlu cari downline. Cukup sekali daftar dan rasakan manfaatnya. Klik disini

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger