Dari 35 PT hanya 3 PTAIN Terakreditasi A

mansur

Di Indonesia sudah ratusan perguruan tinggi berdiri kokoh turut membantu mencerdaskan generasi bangsa ini.

Akan tetapi, dari 35 PTAIN yang terdaftar di Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) hanya ada 3 PTAIN yang terakreditasi A yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (25/11).

Sementara itu PTAIN yang meraih nilai akreditasi B juga hanya tiga, yaitu UIN Syarif Kasim Riau, UIN Alauddin Makasar, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Aceh. Sedangkan sisanya 47 PTAIN ada yang mendapat akreditasi C. Namun, mayoritas tak terakreditasi.

Data tersebut diungkapkan salah satu anggota BAN-PT Prof. Dr. Ir. Mansur Ma’shum dalam acara Quality Islamic Higher Education for Global Competitiveness hasil kerjasama UIN Maliki Malang dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Dari tiga PTAIN yang mendapatkan akreditasi A hanya UIN Maliki dan UIN Syarif Hidayatullah yang jadi member asosiasi internasional,” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti 40 Rektor dari PTAIN/PTAIS se-Indonesia itu telah dibuka mulai 24 November lalu dan berakhir Selasa (26/11). Mansur menjelaskan bahwa member internasional yang dimaksudkan adalah ISESCO, lembaga pendidikan di bawah naungan negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). “Terhitung sejak 2014 ini dua kampus besar tersebut UIN Maliki Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menjadi member ISESCO, dan semoga ini bisa menjadi semangat dan teladan bagi perguruan tinggi lainnya,” harap mantan dosen Universitas Mataram tersebut dalam sambutannya.

sumber : UIN Malang

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger