Buku Terbitan UIN-Maliki Press Jadi Rujukan Pesantren

santri

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus mendorong para dosen untuk selalu menghasilkan karya tulis.

Baik yang diterbitkan dalam bentuk buku maupun jurnal terakreditasi dan internasional. Untuk publikasi dalam bentuk buku, kampus yang memiliki jargon Ulul Albab ini telah memfasilitasi melalui Unit Penerbitan atau yang lebih sering dikenal dengan UIN-Maliki Press.

Buku-buku yang diterbitkan UIN-Maliki Press memiliki tema yang beragam, sesuai dengan disiplin keilmuan para dosen yang tersebar di berbagai fakultas/program studi yang ada di lingkungan UIN Malang. Tak heran jika, buku yang terbit banyak sekali ragam temanya, mulai dari tema pendidikan, sosial, humaniora, manajemen, bisnis, politik, psikologi, sains, teknik, hukum, sastra, filsafat, agama, seri integrasi, dan seterusnya.

Sementara, jika dilihat dari bahasa pengantarnya, UIN-Maliki Press berbeda dengan penerbit lain pada umumnya. Di penerbit ini (UIN-Maliki Press, red) buku yang diterbitkan tidak hanya buku yang berbahasa Indonesia saja, namun tidak sedikit buku yang diterbitkan versi bahasa asing, yakni bahasa Inggris dan bahasa Arab. “Penerbitan buku dalam versi bahasa asing ini merupakan salah satu ikhtiar dalam rangka mewujudkan impian UIN Malang sebagai kampus level internasional”, ujar Bahrun Amiq, Ketua Penerbitan.

Salah satu indikator keberhasilan dan kebanggaan dalam menerbitkan buku adalah dijadikannya buku terbitan sebagai referensi dalam kegiatan perkuliahan. Sebagaimana penuturan Lailul, bagian administrasi marketing, bahwa “banyak mahasiswa terutama mahasiswa UIN Malang yang telah menggunakan buku-buku terbitan UIN-Maliki Press dalam studinya”.

“Kami berharap, buku terbitan UIN-Maliki Press, tidak hanya menjadi referensi di kampus sendiri, tetapi bisa juga dijadikan rujukan di perguruan tinggi atau lembaga lain”, demikian harapan Lail.

Dari sekian buku, di anataranya yang sudah berhasil menjadi daya tarik lembaga luar adalah buku berjudul “Kaidah-kaidah Imla’: Teori dan Praktik”. Buku yang ditulis Ibu Makrifatul Munjiah, yang juga Dosen Bahasa Arab ini menjadi buku referensi wajib bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Ulum Sukun Kota Malang. “Buku Imla’ terbitan UIN Malang ini digunakan para santri ketika belajar di Madrasah Diniyah”, jelas Zahroh, salah satu pengajar di Pesantren Nurul Ulum. “Buku ini sangat membantu para santri untuk belajar Imla’, karena ditulis dengan bahasa Indonesia dan sudah dilengkapi dengan teori, lalu ada contoh dan lembar untuk latihan yang bervariasi”, tambahnya.

Dalam pengantarnya, Makrifatul Munjiah, penulis buku ini, menegaskan bahwa penulisan buku Imla’ ini meggunakan bahasa Indonesia, karena selama ini, buku imla’ yang ada menggunakan pengantar bahasa Arab, yang hal ini tentu menyulitkan bagi mereka yang belum mengerti bahasa Arab. “Mengajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk membantu para guru, dalam buku ini dilengkapi dengan panduan­panduan bagi guru ketika melakukan kegiatan proses pembelajaran, baik sebelum menyampaikan materi, saat menyampaikan materi, maupun sesudah menyampaikan materi. Variasi  mengoreksi hasil latihan siswa juga diuraikan, agar guru memperoleh gambaran model­model mengoreksi se hingga guru dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengoreksi hasil latihan siswa sesuai dengan kondisi siswa dan situasi kelas.”

Perlu diketahui, buku Kaidah-kaidah Imla’ ini pertama kali diterbitkan UIN-Maliki Press pada tahun 2008. Kemudian buku dengan tebal 172 halaman ini mengalami cetak ulang pada tahun 2012. Menurut penuturan Lail, bagian marketing, buku terbitan UIN-Maliki Press, selain Imla’, juga ada yang lain yang dijadikan referensi belajar para santri, seperti Al-Amtsilah Al-I’rabiyah, karangan Muashshomah, Dosen Bahasa Arab UIN Malang.

sumber : http://uin-malang.ac.id/r/150801/buku-terbitan-uin-maliki-press-jadi-rujukan-pesantren.html

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger