Taufik Ismail Semarakkan Malam Pujangga

malam pujangga

IMAKA MALANG - Salah seorang sastrawan besar Indonesia yaitu Taufik Ismail berbagi ilmu di Gedung  Sasana Budaya  Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis (17/04/2014). Kehadirannya di UM dikemas secara sastra oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia (Sasindo) dalam kegiatan bertajuk Malam Pujangga.  Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.00 ini dihadiri oleh Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd. Wakil Dekan III Fakultas Sastra Prof. Dr. Suyono M.Pd. Ketua Jurusan Sasindo Mustofa Kamal M.Pd. Pembina HMJ Sasindo dosen mahasiswa dan perwakilan komunitas sastra baik dari dalam maupun luar kota. Mustofa Kamal mengaku senang dengan terselenggaranya kegiatan ini. "Kegiatan Malam Pujangga ini sangat bermanfaat kita tidak hanya mengenal Tufik Ismail lewat buku namun juga dapat bertemu dan berbagi pengalaman dengannya" ujar Dosen Jurusan Sasindo ini.

Kegiatan Malam Pujangga dimeriahkan oleh berbagai penampilan yang bernuansa sastra. Acara dibuka dengan penampilan musik dari Harmoniora kemudian dilanjutkan dengan musikalisasi puisi dari perwakilan offering Sasindo  hingga teatrikalisasi puisi dari  Griya Sasindo dan Teater Pelangi. Setelah nuansa sastra berhasil dihidupkan lewat penampilan tadi giliran Taufik Ismail menyampaikan ilmunya.  Secara garis besar pria berdarah Melayu-Jawa ini berbagi cerita mengenai perkembangan sastra Indonesia dalam bidang pendidikan dari waktu kewaktu. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Napak Tilas Perkembangan Sastra Indonesia dalam Prespektif Taufik Ismail.

Taufik Ismail menegaskan bahwa kerisauan yang terjadi dalam pelajaran Bahasa Indonesia saat ini adalah kurangnya kesempatan untuk mengajarkan membaca sastra dan menulis karangan. "Pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan sejak SD hingga SMA didominasi oleh tata bahasa dan mengesampingkan sastra" jelasnya.  Menurut Taufik sastra perlu diajarkan karena dapat merangsang siswa untuk mau membaca dan berkarya dalam bentuk tulisan.  "Mulai saat ini biasakanlah menulis dengan cara menuliskan pengalaman yang dialami dan gagasan gagasan yang keluar dari dalam diri kalian!" pesan Taufik. Di akhir acara Taufik Ismail membacakan puisinya yang  berjudul Kupu-Kupu dalam Buku.

===============
Sudah banyak bisnis online dengan tawaran hasil melimpah tapi harus cari downline terlebih dahulu. Tapi, bisnis online yang kami tawarkan tidak perlu cari downline. Cukup sekali daftar dan rasakan manfaatnya. Klik disini

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger