Yogi Sugianto: Kepemimpinan, Pengembangan Lembaga

rektor yogi

IMAKA MALANG - ”Kreatif, Kompetitif, dan berani mengambil spekulasi merupakan hal-hal yang harus dimiliki dalam sebuah kepemimpinan,” ujar Yogi Sugianto dalam kuliah tamunya. Kuliah tamu dalam momentum penandatanganan MoU antara Fakultas Hukum UB dan Fakultas Syariah UIN Maliki angkat tajuk Kepemimpinan dan Pengalaman Pengembangan Kelembagaan. Kegiatan ilmiah tersebut mengacu terhadap pengembangan lembaga yang berkulitas dan peserta didik berkulitas. Sehingga dengan hal itu pula terwujud lulusan yang berkulitas (17/4).

Rektor UB yang telah menjabat selama dua periode tersebut menuturkan bahwa, sebuah kepemimpinan yang tidak kreatif, tidak kompetitif dan tidak berani mengambil spekulasi dapat dipastikan akan beku. Hal tersebut berlaku untuk semua hal. Baik sebuah kepemimpinan, lembaga, dan mahasiswa dalam masa pendidikan sekalipun. Misal, ketertinggalan Indonesia dengan Negara Singapura. Indonesia tertinggal karena tidak berani mengambil spekulasi untuk membangun pelabuhan di pulau-pulau yang strategis dalam lintas perdagangan internasional. “Singapura maju karena dijadikan lintas perdagangan Internasional,” katanya.

Rektor berkacamata tersebut juga mengatakan bahwa, sesuatu akan menjadi fakum jika terbelenggu dengan sebuah rutinitas. Rutinitas yang dianggap sangat melelahkan dan dianggap cukup dalam menunaikan kewajiban sehari-hari menjadikan seseorang pasif. Akreditas A dan program Internasionalisasi lembaga jangan sampai menjadikan UIN Maliki lalai untuk lebih maju. “Jangan terjebak dengan rutinitas yang membuat anda tidak kreatif,” tegasnya.

Dalam hal pengembangan lembaga, lanjutnya, Perguruan Tinggi harus  melakukan ekspansi kapasitas. Baik kapasitas mahasiswa dan sarana prasarana. Hal itu harus dilakukan untuk mensikapi kebijakan pemerintah dalam hal wajib belajar dua belas tahu. Sebuah lembaga Perguruan Tinggi harus senantiasa membuat perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. “Jika ingin maju, sering-seringlah melakukan perubahan. Meskipun dalam sebuah perubahan akan muncul pertentangan dan meskipun perubahan tersebut tidak menghantarkan kepada keberhasilan,” anjurnya.

sumber : http://uin-malang.ac.id/blog/post/read/140401/yogi-sugianto-kepemimpinan-pengembangan-lembaga.html

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger