FTIK Asah Kemampuan Public Speaking

marzuki

IMAKA MALANG - Sebagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara di depan publik, hari ini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar Workshop Public Speaking bagi Mahasiswa FITK (12/6). Bertempat di aula Microteaching Lt. 2, workshop ini dihadiri oleh mahasiswa FITK dari empat jurusan.

Tak tanggung-tanggung, workshop ini menghadirkan empat pemateri yang sudah handal di bidang public speaking dengan berbagai konsentrasi. Adalah Like Rascova Oktaberlina, Marzuki Mustamar, Mokhamad Yahya, serta Zainal Arifin. Workshop ini dibuka langsung oleh Dekan FITK Nur Ali. Dalam sambutannya, ia berharap dengan adanya workshop seperti ini dapat menambah ilmu bagi mahasiswa FITK sehingga menjadi orang hebat. “Menuntut ilmu apapun, mengikuti kegiatan apapun, kita tujukan hanya untuk beribadah,” nasihatnya pada peserta.

Dilanjutkan dengan pemateri pertama tentang teknik Master of Ceremony (MC) yang disampaikan oleh Like Rascova Oktaberlina. Dalam materinya ia memaparkan bahwa MC mempunyai peran dan bertanggung jawab atas jalannya sebuah acara. Menjadi MC yang ideal mempunyai kriteria-kriteria tertentu, seperti memiliki suara yang enak didengar, powerful, dan pandai mengolah kata. “Seorang MC juga harus memperhatikan performance atau penampilan agar terlihat lebih menarik. Selain itu, MC harus pandai merangkai kata, karena MC adalah seniman kata-kata,” jelas Dosen yang pernah belajar di Monash University ini.

Tak kalah menarik, materi kedua di sesi pertama membahas mengenai teknik orasi ilmiah dan umum. Setidaknya, ada empat hal yang harus dikuasai agar berhasil mempengaruhi orang di depan umum, yakni moral, wibawa, penguasaan materi, dan performance. “Orang yang pintar tetapi kurang bermoral ataupun orang baik dan berwibawa tetapi kurang ilmunya tidak akan berpengaruh apabila berpidato di depan masyarakat,” ujar pimpinan pondok Sabilurrosyad tersebut. Di sesi kedua pun akan dilanjutkan dengan materi manajemen dakwah international oleh Mokhamad Yahya dan Teknik Khotbah oleh Zainal Arifin.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger