Jalur SNMPTN UIN Maliki Terima 801 Maba

Maba

Usai sudah penerimaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014. Pendaftaran SNMPTN yang dibuka mulai tanggal 17 Februari -31 Maret 2014 itu akhirnya diputuskan UIN Maliki hanya menerima 801 mahasiswa baru (maba). Jumlah tersebut belum ketamabahan dari tujuh jalur lainnya yaitu SBMPTN, SPAN-PTAIN, UM-PTAIN, MANDIRI TULIS, PRESTASI, LUAR NEGERI, SANTRI BERPERSTASI (4/6).

Jumlah pendaftar tahun ini mengalami peningkatan drastis jika dibanding tahun lalu. Tahun ini peminat maba sangat tinggi khususnya di jurusan Farmasi UIN Maliki. Berdasarkan pantauan panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Maliki Hj. Cholidah, jalur SNMPTN 2014 UIN Maliki hanya menerima 19 maba saja.

Meski peminatnya mencapai 1 banding 30 tersebut UIN Maliki tidak mau mengambil resiko lebih. Pasalnya jurusan farmasi di UIN Maliki tergolong masih baru, dan resmi dibuka tahun 2013 peminatnya begitu banyak hingga mengalahkan jurusan lainnya di UIN Maliki.

Menjaga keseimbangan jumlah maba dimasing-masing fakultas dan jurusan tetap menjadi prioritas. Selain itu UIN Maliki tidak bisa menerima lebih dari 3500 maba. Jumlah tersebut merupakan kategori maksimal, karena semua maba UIN Maliki diwajibkan untuk tinggal di ma’had selama satu tahun untuk memperdalam ilmu bahasa Arab dan Inggris selama berada dalam ma’had al Aly. “Kapasitas ma’hadi hanya bisa ditempati 3500 maba saja,” ungkapnya.

Secara terperincia jumlah maba seleksi SNMPTN 2014 dapat diuraiakan sebagai berikut: Fakultas Saintek 212 maba, Psikologi 80, Ekonomi 80, Syariah 135, Tarbiyah dan Keguruan 221, Humaniora 73.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger