Mahasiswa Psikologi Adakan Kunjungan ke RSJ

dcp

Mahasiswa semester 4 Fakultas Psikologi UIN Maliki mengadakan study lapangan dengan mengunjungi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Widiodiningrat Lawang Kabupaten Malang hari ini (3/6).  Kegiatan itu dalam rangka sebagai kegiatan rutin dari mahasiswa Psikologi semester 4 yang mengambil mata kuliah Psikologi Klinis. Menurut Tristiardi, kegiatan ini bertujuang untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap kasus klinis yang dihadapi oleh pasien gangguan jiwa. “Kegiatan ini rutin, dan menjadi bagian dari mata kuliah psikologi klinis. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mengenal kasus klinis yang sedang dihadapi oleh pasien gangguan jiwa”, sebut dosen psikologi klinis tersebut.

Ilmu Psikologi akan berguna jika diaplikasikan dalam kehidupan. Salah satunya dengan berhadapan langsung dengan para pasien yang memiliki gangguan mental. “ ini sangat bermanfaat bagi calon sarjana psikologi, khususnya bagi yang ingin mendalami psikologi klinis”, Sambung bapak yang juga sekretaris SAR UIN Maliki itu.

Pada tahun ini sebanyak 153 mahasiswa psikologi semester empat yang mengikuti kegiatan ini dan dibagi dua gelombang, hari ini dan besok. Berbagai aktivitas dilakukan dalam study lapangan ini, mulai dari pengenalan umum tentang RSJ, wawancara pasien, hingga tanya jawab dengan para psikolog dari RSJ tersebut. Kegiatan dilakukan mulai pagi jam 9.00 hingga jam 14.00 yang pada hari ini dikuti oleh 75 mahasiswa. “untuk gelombang pertama yang berangkat 75 orang. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami karena bisa melihat langsung bagaimana kondisi pasien gangguan mental serta cara dalam menghadapinya” ujar Mieftah yang merupakan mahasiswi Psikologi semester 4 asal Padang.

Menurut Bapak Gatot selaku Kabag Pendidikan dan Pelatihan RSJ Lawang mengatakan bahwa agenda termasuk dalam misi yang ada di RSJ Lawang yaitu menjadi wadah pelatpendidikan ihan dan pelatihan bagi mahasiswa amupun masyarakat umum. “ini bagian dari program kami, semoga kunjungan ini bermanfaat dan menjadi motivasi bagi calon psikolog masa depan”, sebut bapak yang juga seorang psikolog itu.

RSJ lawang merupakan rumah sakit yang tidak hanya sebagai tempat orang gangguan jiwa melainkan juga tersedia layanan kesehatan pada umumnya. Seperti dokter spesialis organ dalam, spesialis kecantikan kulit dan sebagainya. “ kita menyediakan berbagai layanan, tidak hanya orang yang memiliki gangguan mental tapi RSJ ini mengobati berbagai penyakit yang dialami manusia pada umumnya” sambung Gatot.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger