Bakti Sosial KSR UB Membangun Desa Taji

Korps Sukarela Universitas Brawijaya, salah satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan telah melaksanakan salah satu program kerja tahunannya, Bakti Sosial Desa. Pada Senin (14/10), Selasa (15/10), Sabtu (19/10) dan Minggu (20/10), KSR UB telah melaksanakan program tersebut di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Malang Timur.

Dalam kegiatan kali ini, KSR UB mengusung tema "1000 Tangan Menyongsong Masyarakat Menuju Generasi Mandiri". Dalam kegiatan kali ini, KSR UB bertujuan menjadikan Desa Tajinan sebagai desa mandiri dalam bidang ekonomi, pendidikan, sanitasi dan lainnya dan dibagi dalam dua gelombang.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam gelombang pertama antara lain pipanisasi atau pemasangan pipa air bersih sejumlah tiga ratus buah dan diserahkan kepada pihak desa. Pipanisasi sedianya akan dilaksanakan setelah program pembenahan jalan menuju desa tersebut selesai.

Selain pipanisasi, ada pula pengajaran kepada siswa dan siswi di SD Taji 1 dan SD Taji 2 berupa pengajaran cara hidup sehat, cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar, mengenali obat dan penanganan P3K.

Pada gelombang kedua, KSR UB melaksanakan tiga kegiatan sekaligus yaitu pengobatan gratis menggandeng Rumah Zakat, sunatan  massal bekerjasama dengan Denkesyah Malang, sembako murah, dan grebek desa bekerjasama dengan Kalbe Farma Kab.Malang. Dan pada hari terakhir diadakan penyuluhan pertanian dan peternakan yang diisi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UB dengan menggagas penanaman kentang.

Melalui kegiatan sejenis, KSR UB berharap dapat membantu meringankan beban masyarakat setempat dan mengajarkan peduli tentang kesehatan. Selain itu juga agar Desa Taji dapat menjadi salah satu desa mandiri yang diwujudkan dalam kerjasama antara KSR UB dan Kecamatan Jabung untuk mewujudkan Desa Taji sebagai desa wisata.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Berita Terbaru | Berita Kampus
Copyright © 2014. IMAKA MALANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger